Cara Melakukan Tendangan Corner Kick.

Cara Melakukan Tendangan Pojok (Corner Kick)

Tendangan pojok (corner kick, kadang juga disebut sepak pojok) merupakan salah satu jenis set piece (bola mati) dalam permainan sepakbola. Bisa dibilang tiga puluh persen gol tercipta dari tendangan pojok. Jika demikian, kita harus menaruh perhatian yang besar terhadap tendangan pojok, baik sebagai tim yang mendapatkan tendangan pojok ataupun sebagai tim yang bertahan dari tendangan pojok.

1. Tendangan pojok biasanya diterima dengan sundulan keras ke gawang lawan (attacking header). Bertahan dari tendangan pojok biasanya juga dilakukan dengan sundulan jauh ke arah depan samping menjauhi gawang (defensive header).

2. Tendangan pojok biasa dilakukan dengan bola lambung ke depan gawang. Jangan terlalu tinggi karena kiper pasti akan memenangkan bola karena ia boleh menggunakan tangannya.

3. Kadangkala, tendangan pojok bisa diarahkan ke tiang jauh gawang jika ada teman satu tim yang bersiaga disana.

4. Hendaknya ada satu atau dua orang teman yang berdiri bebas untuk mengantisipasi bola mental.

5. Bertahan dari tendangan pojok biasanya dilakukan dengan mengawal lawan satu persatu (man-to-man marking).

6. Bagi tim bertahan, hendaknya ada satu atau dua orang yang berdiri membantu kiper menjaga gawang.

7. Menghadapi tendangan pojok, kiper biasanya berdiri di bagian belakang gawang karena berlari kearah depan lebih mudah daripada berlari ke belakang.

8. Tendangan pojok juga bisa dilakukan dengan umpan pendek kepada teman satu tim, lalu  biasanya dilanjutkan dengan umpan lambung langsung ke depan gawang. itu merupakan salah satu cara untuk melakukan tendangan corner kick dalam permainan sepak bola, yang banyak di gemari kalangan masyarakat terutama kaum laki-laki. Era sekarang memang sepak bola banyak di gemari di kalangan masyarakat, tetapi alam memainkan olahraga ini tidak boleh sembarangan disini ada teknik dan terik untuk memenangkan permainan ini. 

Tendangan sudut atau biasa disebut juga dengan corner kick merupakan salah satu tendangan bebas yang ada di dalam permainan sepakbola. Tendangan ini salah satu bentuk umpan matang dan merupakan peluang untuk menciptakan sebuah gol pada gawang lawan. Terkadang tendangan sudut mempunyai rasio kegagalan yang bisa mengakibatkan blunder, sehingga pemain lawan dapat membuat counter attack atau serangan balik ke tim Anda. Kejadian ini sudah banyak terjadi karena kelengahan team didalam menjaga antisipasi lawan terhadap tendangan sudut tersebut. 


Sumber:

http://moghymoghy.blogspot.com/2014/02/cara-melakukan-tendangan-pojok-corner.html