Cara Agar Usaha Jualan Bibit Tanaman Cepat Berkembang

Ada beberapa poin penting yang wajib dan harus kita perhatikan jika kita benar-benar mau terjun pada dunia jual bibit tanaman secara online. Diantaranya kita harus menyukai aktivitas berkebun atau cocok tanam, jika kita menyukainya tentu kita akan menguasai dan mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.

Jika bisnis atau usaha jualan bibit tanaman online kita mau berkembang secara pesat, tentunya ada hal-hal yang harus kita lakukan. Sebab bagaimanapun juga pembeli adalah raja, oleh karenanya kita wajib memberikan fasilitas-fasilitas dan layanan menarik lainnya agar mampu mendatangkan konsumen dan menjaga kepercayaan pelanggan. Caranya adalah sebai berikut:

  • Cara pertama adalah menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan, lalu caranya bagaimana? Kita harus dan wajib menjual bibit yang unggul dan berkualitas. Untuk dapat menentukan bibit unggul dan berkualitas kita harus tahu tiga tahapannya. Yaitu pemilihan bibit unggul, proses perawatan sebelum pengiriman dan memberi edukasi atau pemahaman kepada konsumen. Dengan cara ini pembeli atau konsumen akan merasa puas dan tentunya akan membeli bibit lagi kepada toko online kita, atau bahkan mereka bisa merekomendasikan kepada temannya untuk membeli kepada toko online kita.
  • Cara yang kedua kita bisa menerapkan garansi, misalnya kita harus bisa menjamin setelah bibit tanaman di kirim ke tempat pembeli, tanaman akan tetap hidup dalam jangka waktu satu atau dua minggu. Lebih lama garansi tentu akan lebih menarik, tapi kita juga harus uji coba terlebih dahulu berapa hari batas ketahanan bibit tersebut setelah dikirim. Selain itu juga bisa menerapkan garansi kesesuaian barang yang dikirim. Apabila konsumen order bibit bunga anggrek namun yang dikirim bunga mawar tentu kita harus siap menggantinya termasuk segala kerugian yang terdapat didalamnya atau kerusakan pengiriman juga.
  • Untuk cara yang ketiga pastikan stok bibit yang kita jual selalu siap kirim dan selalu bertambah jenisnya, untuk memenuhi kebutuhan yang ada, kita bisa memasok dari mitra yang sudah kita ajak kerja sama atau juga bisa melakukan budidaya sendiri. Selain itu jika permintaan semakin banyak sebaiknya kita membuat kelompok binaan. Dimana produksi dari kelompok yang kita bina nantinya dapat menjual ke toko kita dengan harga yang pantas. Jika kita sendiri yang membina cara membuat bibit yang unggul dan berkualitas tentu hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan dan inginkan. Jika kita tidak memiliki kemampuan budidaya bibit kita bisa cari orang yang orang ahli dalam bidang pembibitan tanaman untuk membina kelompok yang kita buat.
  • Kemudian untuk cara yang keempat, jika usaha penjualan bibit tanaman kita sudah mulai berkembang, jangan lupa terlibat pada kegiatan sosial, kita bisa menjadi sponsor partner dengan membagi-bagikan tanaman gratis, atau juga bisa membagi vocher diskon kepada peserta yang terlibat pada acara sosial tersebut, selain mendapat pahala bisnis atau usaha anda juga akan lebih cepat dikenal da dikenang. Bagaimanapun juga dari rizky yang kita hasilkan ada bagian orang lain didalamnya terutama bagian kaum duafa.
  • Cara yang terakhir kita harus terus mengevaluasi kekurangan yang kita miliki untuk kemudian kita perbaiki. Kemudian jangan lupa juga kewajiban kita dengan Tuhan, jangan sampai gara-gara usaha kita sukses kita jadi lupa daratan atau tak tau diri.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai Peluang  Usaha Jual Bibit Tanaman Secara Online, semoga kita semakin mantap dan tertarik untuk membuka usaha ini atau bisa dijadikan sebagai referensi terbaik kita. Baca juga download sticker whatsapp dan cara menggunakan stiker whatsapp