Mengenal Tanaman Hias Bunga

Sebelum membahas tentang proses menanam tanaman hias bunga, terlebih dahulu kita mengetahui definisi tentang tanaman hias. Tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan tanaman berdasarkan fungsi dan tanaman hortikultura. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa tanaman sayuran, tanaman obat dan tanaman buah menjadi tanaman hias, begitupun sebaliknya.

Secara umum pengelompokan tanaman hias dapat dibedakan menjadi tanaman hias berdasarkan tanaman yang dinikmati, tanaman hias berdasarkan budidaya, serta tanaman hias berdasarkan pertumbuhan. Tanaman hias berdasarkan tanaman yang dapat dinikmati antara lain adalah tanaman hias bunga, tanaman hias buah, tanaman hias batang dan tanaman hias daun. Khusus untuk kali ini kita akan membahas tentang tanaman hias bunga.

Tanaman hias bunga  merupakan salah satu tanaman yang banyak digemari oleh masyarakat sebagai media untuk mempercantik dan memperindah halaman maupun ruangan, baik indoor maupun outdoor. Tanaman hias bunga mengandalkan kelopak sebagai pesona utamanya. Biasanya tanaman hias bunga banyak tumbuh di taman dan di halaman rumah. Menurut Riyanto Sinaga, dkk, tanaman hias bunga dihargai karena estetikanya.

Penilaian estetika atau kecantikan suatu tanaman bunga hias bunga tentu berbeda-beda. Lebih dari itu aspek pamakaian dan pemanfaatan merupakan faktor penting dalam pemilihan tanaman hias bunga. Ada beberapa elemen dasar tentang kecantikan yang dapat membentuk seni secara umum, yang dapat diaplikasikan kepada tanaman hias, diantaranya adalah elemen keindahan warna.

Selain warna ciri khas tanaman hias bunga adalah memiliki kelopak bunga yang menarik dan juga cantik. Tidak heran bila, tanaman hias bunga banyak digemari oleh para pecinta bunga untuk mempercantik rumah, halaman, pekarangan ataupun kantor. Cara menanam tanaman hias bunga tidaklah sulit.

Sama seperti menanam tumbuhan hias biasanya, tanaman hias bunga dapat ditanam dalam beberapa media tanam, seperti media tanam langsung di lahan terbuka, media tanam dalam pot, serta media tanam dalam pot gantung. Media tanam dalam pot gantung ini cukup banyak diminati oleh para pecinta bunga. Sebab media tanam dalam pot gantung tidak terlalu memerlukan lahan yang luas.

Sebelum beranjak pada beberapa cara menanam tanaman bunga hias, sebenarnya tanaman apa saja yang digolongkan sebagai tanaman bunga hias?. Tanaman hias bunga diartikan sebagai tanaman yang mempunyai bunga yang indah dan mempesona dengan satu atau banyak warna. Baca juga download ragnarok eternal love apk

Tanaman bunga hias sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contoh adalah bunga mawar, bunga anggrek, bunga Kamboja, bunga begonia, bunga melati, bunga kemuning, bunga lily, bunga bugenvil dan lain sebagainya.

Seringkali dalam penanaman tanaman hias bunga, tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik, ada yang layu bahkan mati. Hal ini biasanya disebabkan oleh cara pemilihan bibit tanaman bunga hias yang kurang tepat, media tanam yang kurang tepat, serta perawatan yang kurang maksimal.