Lion Air Mulai Jajaki Penerbangan Ke Eropa

Pasca Uni Eropa secara resmi telah mencabut larangan terbang bagi 55 maskapai Indonesia (EU Flight Ban). Kini maskapai milik swasta yang juga pemiliknya adalah Duta Besar Indonesia untuk Malaysia yaitu Rusdi Kirana mulai menjajaki penerbangan ke kawasan Eropa seperti misalnya Jerman dan Prancis.

Lion Air tidak mau membuang kesempatan yang datang begitu saja. Lion Air langsung bergerak cepat. Kini maskapai yang memiliki banyak penerbangan di dalam negeri tersebut tengah melakukan kajian untuk dapat menerbangi beberapa negara di kawasan Eropa. Sementara ini negara yang paling dianggap memiliki potensi yang bagus adalah Prancis dan Jerman.

Kepastian mengenai maskapai mana saja yang sudah melakuka penjajakan atau persiapan mendaratkan pesawatnya di daratan Eropa baru Lion Air. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Dirjen Perhubungan  Udara Kementrian Perhubungan (kemenhub) Agus Santoso. Ia menyebut jika maskapai yang sudah market sounding dari Lion Group.

Untuk dapat menerbangkan pesawat ke Eropa tentu prosesnya tidak mudah, setelah melakukan kajian pasar, selanjutnya maskapai harus mengajukan izin untuk dapat menerbangkan rute sebagaimana yang diinginkan. Secara bersamaam pihak Kemnhub juga melakukan kajian yang serupa mengenai potensi mareket di kota tujuan.

Selain harus mendapatkan izin dari otoritas di Indonesia, untuk dapat menerbangkan pesawat ke luar negeri harus juga mendapat izin atau persetujuan dar otoritas penerbangan di negara tujuan. Sementara itu pihak maskpai juga harus menyiapkan maskpai berbadan lebar agar penerbangan menjadi efisien.

Sejauh ini Lion group terlihat sedang melirik Dreamliner (Boeing 787). Syarat menggunakan pesawat berbadan lebar merupakan keharusan sebab jika tidak menggunakan pesawat berbadan lebar tentu akan merugi. Selain meggunakan pesawat Boeing 787 pihak maskapai juga dapat menggunakan Boeing 777 atau Airbus 380.

Lebih jauh kemenhub menganggap jika pemilihan Prancis dan Jerman sangat tepat sebab memiliki potensi yang besar apalagi jika dikoneksikan dengan Jakarta dan Denpasar. Saat ini indonesia memiliki penerbangan Garuda Indonesia ke Amsterdam jika ke Paris dan Berlin atau Munich tentu akan bagus. Baca juga Aplikasi Bokeh Video Full Terbaik Dan Terbaru