Mencegah Alzhaemer di Usia Senja

Mungkin apabila kita bertemu dengan orang lanjut usia yang mengalami daya ingat mereka ? kemungkinan mereka menderita Alzheimer . Jika anda menemukan seseorang menderita penyakit ini , tak usah cemas karena penyakit ini bisa dicegah , dan bukan termasuk penyakit yang menular ( berterima kasihlah kita kepada Tuhan , apabila sindrom ini menular , apa kata dunia ?). Sebenarnya Alzhaimer ini sejenis dengan syndrom apoptosis sel-sel otak pada saat hampir bersamaan , sehingga otak nampak berkerut dan  mengecil .

 Berikut ada beberapa faktor pemicu Alzhaimer :

·         Hipertensi yang mencapai usia 40 tahun

·         Pengidap kencing manis , maksudnya kencing manis adalah terdapatnya glukosa dalam urine , bukan habis kencing , kencingnya dikerubungi semut.

·         Kurang berolahraga .

·         Tingkat kolesterol tinggi .

·         Faktor keturunan . Mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an.

Gejala-gejala Alzheimer sendiri meliputi gejala ringan sampai berat . Berikut adalah tanda-tanda adanya Alzheimer :

ü  Gangguan memori yang memengaruhi keterampilan pekerjaan seperti : lupa nomor telepon , lupa cara mengaduk air , lupa dimana menaruh kunci .

ü  Kesulitan melakukan tugas biasa yang biasa dilakukan seperti : tidak mampu mengurus diri mulai dari mandi , makan , dan lainnya .

ü  Kesulitan berbicara dan berbahasa .

ü  Disorientasi waktu, tempat , dan orang seperti : lupa akan rekan sampai anggota keluarga terdekat , lupa kondisi rumah , lupa tujuan pergi ke suatu tempat .

ü  Kesulitan mengambil keputusan yang tepat .

ü  Kesulitan berpikir abstrak seperti : orang yang sakit mendengarkan suara/bisikan halus dan melihat bayangan mengerikan .

ü  Salah meletakkan barang

ü  Perubahan mood dan perilaku seperti : menjadi agresif  , mudah marah  , kehilangan minat/hobi

ü  Perubahan kepribadian seperti : sering menjerit , terpekik , mengikuti seseorang kemanapun walupun ke WC.

ü  Hilangnya minat & inisiatif .

Mengkonsumsi  minyak ikan , berolahraga rutin setiap hari minimal 45 menit sehari , mengisi teka teki silang adalah aktivitas yang disebut-sebut bagus dan bermanfaat bagi otak .

SOurce Image : penyakitalzheimer.com