Identifikasi Jenis Burung

Burung merupakan satwa yang mempunyai mobilitas tinggi dan menyebar ke berbagai wilayah serta jumlahnya mencapai 9.000 jenis (Perrins dan Birkhead 1983). Jumlah jenis burung di Indonesia tercatat 1.666 jenis yang mampu hidup di hutan yang lebat hingga ke perkotaan padat penduduk (Susanti 2014). Selain itu burung juga merupakan penunjuk atau bioindikator terkait perubahan lingkungan yang ekstrem dan hal itu daoat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait rencana dalam konservasi lingkungan (Bibby et al., 1998).

Secara umum burung memilki berbagai macam habitat seperti semak, hutan primer, hutan sekunder, ataupun rumah penduduk (Rusmendro, 2004). Kehadiran spesies burung tertentu menduduki habitat yang sesuai kesukaanya, burung yang menempati habitat kesukaanya belum tentu disukai oleh burung lain itu karena adanya perbedaan relung akibat kompetisi yang begituu lama (Sujatnika dkk, 1995). 

Kawasan kampus unud bukit jimbaran memiliki potensi dalam melakukan konservasi khusunya burung. Daerah dataran tinggi memilki vegetasi yang berbeda dengan vegetasi dataran rendah, perbedaan vegetasi tersebut tentu akan sangat mempengaruhi jenis burung yang sesuai untuk habitat vegetasi dataran tinggi. Adanya perbedaan spesies yang hidup pada vegetasi tersebut tentu akan menjadi daya Tarik tersendiri.

Pengidentifikasian jenis burung yang ada dikawasan kampus unud bukit jimbaran tidak pernah dilakukan. Saat ini jumlah spesies yang ada tidak pernah diketahui. Tidak sekedar melakukan identifikasi tapi juga melakukan survey vegetasi yang kedepannya akan saangat berguna dalam dunia pendidikan. Berbagai lokasi yang ada kawasan kampus unud seperti; DAM udayana, areal rektorat, udayana ecolodge, hutan BNI, dan beberapa lahan kosong, areal tersebut memiliki komposisi dan struktur tumbuhan yang berbeda. Dan hal tersebut cukup untuk menjadikan kawasan kampus unud sebagai wilayah konservasi berbagai keanekaragaman jenis burung. Dengan menjadikannya sebagai wilayah konservasi tentu akan banyak menarik perhatian dari para pemerhati burung yang ada dibali ataupun diluar bali, para wisatawan asing ataupun local sehingga wilayah tersebut memilki daya Tarik tersendiri dibidang ekowisata.