Tips Ampuh Cepat dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan jenjang yang ditempuh serta gaji yang tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa freshgraduate, namun dewasa ini untuk mendapatkan pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu adanya suatu perjuangan agar semua dapat terwujud. Beberapa hal akan dibahas untuk kamu yang ingin langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah

1.      Jangan hanya terpaku pada teori, praktek justru sangat dibutuhkan di dunia kerja

Sebagian besar mahasiswa di Indonesia lebih mengedepankan teori dibandingkan praktek. Padahal, di dunia kerja justru lebih dibutuhkan praktek dan team work untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Maka dari itu, selagi masih muda nggak ada salahnya kalian mencoba menggali kemampuan softskill entah itu dari kerja parttime, mengajar anak-anak, atau bahkan membuka usaha sendiri. Jadi setelah lulus, setidaknya kamu sudah memiliki bekal untuk terjun langsung ke dunia kerja.

2.      Jalin relasi sebanyak-banyaknya

Hayo ngaku siapa di sini yang kuliahnya hanya kupu-kupu alias kuliah-pulang kuliah-pulang. Mulai sekarang cobalah bangun relasi sebanyak-banyaknya ya, Bela! Hubungan relasi yang banyak akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pekerjaan nantinya. Membangun relasi nggak harus ikut organisasi kok, kamu bisa mengikuti komunitas sesuai apa yang kamu suka misalnya komunitas khusus gamers, komunitas pecinta budaya Jepang, dan lainnya.

3.      Siapkan CV se-unik mungkin

Pada tahap melamar pekerjaan, buatlah CV yang unik dan kalau bisa CV tersebut yang sangat mencerminkan diri kamu. Seperti misalnya kamu ingin melamar di bagian desain grafis, kita ketahui bahwa seorang desainer dituntut harus kreatif. Jadi, buatlah CV kamu se-kreatif mungkin agar HRD yakin bahwa kamu pantas untuk dipilih untuk bekerja di perusahaan.

4.      Persiapkan diri sebaik mungkin pada sesi wawancara

Banyak di antara kita terlalu menggampangkan sesi wawancara. Padahal, bagian inilah yang paling berpengaruh apakah kamu layak dipilih sebagai pegawai atau tidaknya. Sebelum kamu menghadapi sesi wawancara, alangkah baiknya jika kamu melakukan observasi terhadap perusahaan yang kamu lamar sehingga pada saat wawancara setidaknya kamu memiliki pengetahuan lebih terhadap perusahaan tersebut. Dengan begitu, HRD pun akan menilaimu bersungguh-sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5.      Lamar setidaknya sepuluh lamaran perhari melalui website pencari kerja

Dengan kamu melamar pekerjaan setidaknya sepuluh lamaran perharinya, dengan begitu kamu telah memperbesar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan.

 

Sumber : popbela.com